CL-327 “Guardian” adalah pengembangan dari CL-227 “Sentinel”. Sentinel berpartisipasi dalam program MAVUS AL pada pertengahan 1990an, dengan beberapa demonstrasi di laut, mendarat di USS Vandegrift dan membuat beberapa pendekatan otomatis. Sentinel yang dimodifikasi, yang dikenal dengan “Puma”, diusulkan kepada pihak militer AS untuk program TUAV pada 1996.
Guardian mulai diproduksi terbatas pada 1996, satu di antaranya sekarang beroperasi untuk Royal Australian Army. Guardian adalah salah satu dari tiga UAV yang dipilih untuk berpartisipasi dalam program demonstrasi UAV VTOL (Vertical Take Off Landing) Angkatan Laut AS pada 1998. Lebih dari 50 jam penerbangan telah dilakukan, walaupun terjadi kecelakaan pada Juni 1998 ketika tangki bahan bakarnya terpisah dari pesawat yang menyebabkan pesawat kekurangan bahan bakar dan akhirnya hilang. Beberapa masalah terjadi saat pengembangannya, menyebabkan penundaan pengujian di atas kapal pada 1999. Karena dianggap tidak memenuhi spesifikasi, akhirnya Guardian dikeluarkan dari kompetisi VTUAV AL pada September 1999.
CL-327 “Guardian” mempunyai sebuah mesin turboshaft Williams WTS117-5 yang menghasilkan 125 shp, yang memutar rotor “counter-rotating” 3,96m. Berat Take Off kotor-nya adalah 350 kg, dengan berat kosong 150kg. Daya tahan terbang (untuk sekali terbang) adalah 6,25 jam, dan kecepatan maksimumnya adalah 155 km/jam.
CL-327 Specification
Country of Origin: Canada
Missions: Surveillance; Reconnaissance; Communications relay; Environmental inspection; Border patrol; Drug enforcement operations; Target acquisition / designation; Battle damage assessment; EW platform
Engine: 1 Williams International WTS-125 turboshaft 125 shp flat rated at 100 shp
Height: 6 ft 0 in 1.84 m
Rotor diameter: 13 ft 1 in 4.00 m
Gross takeoff mass: 770 lbs. 350 kg
Empty weight: (no payload, no fuel) 330 lbs. 150 kg
Payload carrying capacity: 220 lbs. 100 kg
Maximum endurance: 6.25 hours
Time on station at 100 km: 4.75 hours
Maximum speed: 157 km/h / 85 kts
Climb rate: 7.6 m/sec / 1,500 ft/min
Ceiling: 5,500 m / 18,000 ft
Sensor: Combined EO/IR; Communications relay; Active ESM payload; Synthetic Aperture Radar (SAR)
Datalink: Primary (C-Band), Directional, Omni-directional; Back-up (L-Band), Omni-directional, used for launch & recovery
Guidance and navigation: GPS and inertial; Automatic flight patterns; Autonomous flight
Reversionary modes; Waypoint navigation; Automatic target tracking
Image Exploitation: Geo-location; Target location error <60 m (GPS accuracy dependent); Freeze, pan, rotate images; Automatic target tracking
Tidak ada komentar:
Posting Komentar