Minggu, 24 April 2011

Centurion Main Battle Tank

Centurion Main Battle Tank

Centurion bisa dikatakan merupakan tank tersukses yang pernah dibuat oleh Inggris. Tank ini mulai dirancang pada tahun 1943, namun baru mulai diproduksi pada tahun 1946. Ketika produksinya dihentikan pada tahun 1962, tercatat sekitar 4.423 unit tank ini dibuat dalam berbagai varian.

Varian awal Centurion masih dipersenjatai dengan meriam 17 pdr, sama seperti tank Sherman Firefly dalam Perang Dunia II. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka meriam 17 pdr kemudian digantikan dengan meriam 20 dpr dan akhirnya dengan meriam L7 kaliber 105mm. Meriam L7 sendiri adalah meriam tank yang paling sukses dalam sejarah dan masih dipergunakan hingga saat ini. Selain digunakan oleh Inggris, Centurion dengan berbagai variannya juga digunakan oleh banyak negara dan bisa dikatakan menjadi satu-satunya tank Inggris yang terbukti sangat battle proven di lapangan. Negara-negara pengguna Centurion selain Inggris adalah Australia, Austria, Kanada, Denmark, Mesir, India, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Belanda, Selandia Baru, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Swedia, dan Swiss.

Centurion pertama kali digunakan di medan tempur dalam Perang Korea oleh pasukan Inggris dan merupakan tank modern pertama yang digunakan di medan perang. Inggris juga menggunakan tank ini dalam Krisis Suez tahun 1956. Centurion milik Australia digunakan dalam Perang Vietnam, sementara India menggunakan tank ini dalam Perang India-Pakistan tahun 1965 dan 1971.
Namun tidak dipungkiri bahwa tank Centurion melegenda di tangan pasukan Israel. Tank ini menjadi andalan pasukan Israel dalam Perang Enam Hari tahun 1967 dan Perang Yom Kippur tahun 1973. Dalam invansi Israel ke Lebanon Selatan tahun 1982 pun tank ini masih menjadi andalan pasukan Israel.

Saat ini sebagian besar negara-negara pengguna Centurion sudah mempensiunkan tank ini sebagai tank tempur, kecuali dalam varian modifikasi seperti APC Nagmachon milik Israel yang masih digunakan dalan konflik Israel-Lebanon tahun 2006. Walaupun demikian, sejumlah Centurion hasil modifikasi masih digunakan sebagai MBT; seperti yang dilakukan Afrika Selatan dengan Olifant Mk.1 A/B dan Mk.2

Specification (Centurion Mk.13)
Crew : 4
Armament :
Main : 1 x 105mm gun
Co-axial : 1 x 7.62mm machine gun
Anti-aircraft : 1 x 7.62mm machine gun
Combat weight : 51,820 kg
Length : 9.85 m
Width : 3.39 m
Height : 3.00 m
Powerpack : 650 hp Rolls Royce Meteror Mk.IV B Meteor petrol engine
Maximum road speed : 34 km/h
Range : 190 km

Tidak ada komentar:

Posting Komentar