Selasa, 12 Juli 2011

FEARLESS Corvette Singapura

FEARLESS Corvette Singapura

Singapore Technologies Marine Ltd (ST Marine), bagian dari Singapore Technologies Engineering, membangun 12 unit kapal patroli kelas Fearless untuk angkatan laut Singapura (RSN).

Enam kapal dari kelas ini, Fearless (94), Brave (95), Courageous (96), Gallant (97), Resilience (98) dan Unity (99), dipersenjatai dengan senjata untuk misi peperangan anti kapal selam. Enam lainnya, Resilience (82), Unity (83), Sovereignty (84), Justice (85), Freedom (86) dan Independence (87), merupakan kapal patroli. 

Kapal patroli dengan konstruksi monohull baja, round bilge semi-displacement hull, rangka depan V-shaped. Superstruktur dibangun dari marine grade light alloy. Rancangan kapal dapat direkonfigurasi untuk menerima berbagai jenis perangkat sensor, sistem persenjataan sesuai dengan kebutuhan operasional.
PERSENJATAAN

Meriam utama versi kapal patroli berupa Super Rapide Gun 76mm dari Oto Melara, dan senapan mesin caliber 12,7mm dari Chartered Industial Singapore.

Enam kapal pertama dilengkapi dengan tiga tabung luncur torpedo 324mm jenis B515 dari Whitehead Alenia. Sistem pertahanan udara berupa rudal permukaan-ke-udara Mistral jenis Simbad dari MBDA, yang dipasang pada stern deck. Untuk enam unit kapal kedua dikonfigurasikan untuk peperangan permukaan. Awalnya dipersenjatai dengan rudal anti-kapal permukaan jarak menengah Gabriel II dari IAI, namun kemudian dibatalkan.

PERLINDUNGAN
Peluncur decoy Shield III dari BAE SYSTEMS, membawa tiga modul roket terpasang pada sudut elevasi 30°. Peluncur ini dapat dipersenjatai dengan berbagai jenis amunisi decoy termasuk chaff rocke P8.

Radar penerima peringatan (RWR/Radar Warning Receiver) NS 9010C dari Elisra, Israel, memiliki kemampuan mendeteksi dan menganalisa secara cepat atas transmisi radar pihak lawan dan memiliki penampilan instantaneous frequency measurement (IFM), instantaneous direction finding (IDF) dan analisa ancaman.

Selain itu dilengkapi juga dengan perangkat sensor MSIS optronic director dari El-Op, Israel, untuk mengendalikan penembakan meriam utama. MSIS termasuk thermal imager gelombang panjang, kamera TV dan laser rangefinder/designator.

Radar sapu permukaan dan kendali penembakan EL/M-2228(X) yang beroperasi pada E dan F band dari Elta Electronics Industries, Israel. EL/M-2228(X) merupakan radar surveillance dan gunnery dengan kemampuan pulse doppler radar search dan threat alert pada X band. Secara simultan melakukan deteksi target permukaan dan udara dengan mode operasi track while scan dan splash spotting while scanning. Selain itu
juga terdapat radar navigasi yang beroperasi pada I band.

Kapal jenis anti-kapal selam dilengkapi juga dengan sonar aktif bawah air frekuensi menengahTSM 2363 Gudgeon dari Thales Underwater Systems.

PROPULSI.
Versi kapal patroli menggunakan dua mesin disel MTU 12V 595 TE 90 yang terhubung dengan ZF gear boxes. Dilengkapi dengan MTU Ship Control Monitoring and Management System (SCMMS). Dilengkapi juga dengan sistem twin waterjet dari KaMeWa, Swedia, untuk meningkatkan daya maneuver termasuk operasi diperairan dangkal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar