Kamis, 20 Januari 2011

Tank FT-17

Tank FT-17

FT-17 adalah tank ringan buatan pabrik Renault, Perancis. Mulai diproduksi pada tahun 1916 dan digunakan dalam dinas militer aktif tahun 1917. Tank ini adalah tank pertama dengan persenjataan yang ditempatkan dalam turret yang dapat berputar secara penuh 360 derajat dan merupakan tank modern pertama di dunia.

Renault FT-17 diawaki dua orang : driver dan commander (yang juga merangkap sebagai gunner dan loader). Pada dasarnya tank ini terdiri dari dua varian dasar, yaitu machine gun tank (dipersenjatai sepucuk senapan mesin Hotchkiss M1914 kaliber 8mm dengan 4.800 butir peluru) dan gun tank (dipersenjatai sepucuk meriam Puteaux SA18 kaliber 37mm dengan 237 butir peluru). Tank ringan seberat 7 ton ini menggunakan mesin Renault 4 silinder berkekuatan 39 tenaga kuda. Dengan mesin tersebut, tank ini mempunyai kecepatan maksimum 7km/jam dan dengan jarak tempuh 65km.

Pertama kali digunakan oleh Perancis dalam Perang Dunia I, tank ini juga banyak digunakan oleh negara-negara lainnya. Secara total sekitar 3.500 unit FT-17 berhasil dibuat dan selain digunakan oleh Perancis juga digunakan oleh Amerika Serikat, Afghanistan, Brazil, Cina, Cekoslovakia, Estonia, Finlandia, Jerman (dalam Perang Dunia I, beberapa unit FT-17 berhasil direbut Jerman dari tentara Perancis), Iran, Jepang, Lithuania, Rusia, Belanda, Polandia, Romania, Spanyol,, Swedia, Swiss, Turki, Norwegia, dan Yugoslavia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar