Rabu, 09 Februari 2011

Dassault Etendard IV

Dassault Etendard IV

Pada tahun 1950-an pesawat jet tempur yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis adalah jet tempur Aquilon, yang merupakan pesawat tempur de Havilland Sea Venom yang dibuat secara lisensi oleh perusahaan SNCASE. Pada saat yang bersamaan, Dassault juga sedang mengembangkan pesawat tempur baru yang diberi nama Etendard II dan merupakan hasil pengembangan dari Dassault Mystere. Semula Etendard ditawarkan kepada Angkatan Udara Perancis, namun kemudian ditolah karena AU Perancis lebih memilih Mirage III.

Setelah ditolak oleh AU Perancis, program pesawat tempur Etendard II dibatalkan oleh Dassault. Namun mengingat AL Perancis juga sedang mencari pesawat tempur sebagai pengganti Aquilon, maka kemudian Dassault mengembangkan pesawat tempur baru dengan berdasarkan rancangan pesawat Etendard II yang ditolak oleh AU Perancis. Pesawat tempur tersebut kemudian diberi nama Etendard IV dan berhasil melakukan first flight pada tahun 1958. Etendard IV dibuat sebanyak 90 unit dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis sejak tahun 1962.

Ada dua varian dari pesawat tempur ini, yaitu Etendard IVM yang merupakan strike fighter aircraft dan Etendard IVP yang merupakan pesawat tempur intai taktis. Sebagai pesawat tempur, kemampuan Etendard IV tidak terlalu spektakuler dan bahkan akhirnya lebih banyak ditugaskan sebagai attack and strike aircraft. Sementara untuk tugas-tugas fighter akhirnya AL Perancis membeli F-8 Crusader dari Amerika Serikat.

Pada tahun 1974 Dassault mengembangkang pesawat tempur Super Etendard yang merupakan hasil pengembangan Etendard IV dan mulai dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis pada tahun 1978. Walaupun demikian, Etendard IV tetap digunakan oleh Angkatan Laut Perancis dalam sejumlah operasi militer seperti operasi militer Perancis di Chad untuk menghadapi serangan pasukan Libya dan operasi pasukan perdamaian di Lebanon Selatan pada tahun 1982-1984. Varian Etendard IVM akhirnya dipensiunkan pada tahun 1991, sementara Etendard IVP masih digunakan sampai dengan tahun 2004 dan sempat digunakan dalam operasi militer NATO di Bosnia pada tahun 1994-1995.

Specifications (Etendard IVM)
Crew : 1
Powerplant : 1 x 43.16 kN SNECMA Atar 08B afterburning turbojet engine
Length : 14.40m
Wingspan : 9.60m
Height : 3.79m
Weight empty : 5,900 kg
Maximum take-off weight : 10,200 kg
Maximum speed : 1,099 km/h
Range : 3,300 km with external fuel tanks
Service ceiling : 15,500m
Armament : 2 x 30mm ADEN cannons; up to 1,360 kg (3,000 lb) of bombs, rockets, or missiles

Tidak ada komentar:

Posting Komentar