Selasa, 01 Februari 2011

Dassault Mirage 5

Dassault Mirage 5

Dassault Mirage 5 merupakan pesawat penyerang berkecepatan supersonik yang dikeluarkan oleh Dassault Aviation dari Perancis pada tahun 1960-an. Pesawat ini telah dihasilkan di Prancis dan beberapa negara lainnya. Pesawat ini dikembangkan berdasarkan pada pesawat tempur Mirage III.

Pengembangan awal

Mirage 5 dikembangkan setelah permintaan Angkatan Udara Israel ke Dassault. Karena Timur Tengah memiliki cuaca cerah pada kebanyakan waktu, Israel telah mengusulkan untuk menghapus sistem avionik yang dipasang di belakang kokpit pada pesawat standar Mirage IIIE untuk mengurangi biaya dan pemeliharaan serta mengantikannya dengan ruang penyimpanan tambahan untuk misi serangan. Pada September 1966, Israel telah memesan 50 unit pesawat baru ini dimana memiliki kapabilitas sergap dalam cuaca yang secara visual cukup baik bagi pilotnya.

Namun untuk perangkat avioniknya dapat disamakan di pesawat Mirage III seperti radar Cyrano. Hal ini misalnya terdapat pada pesawat Pakistan, Mesir, Libya, dan Abu Dhabi. Cara ini mungkin dimaksud untuk mereda, atau mengurangu kritik terhadap ekspor teknologi tinggi yang dilakukan Prancis terhadap Negara-negara yang dianggap tidak bersahabat oleh pihak Barat. Belgia yang juga memiliki Mirage 5BA, lebih memilih avionic buatan Amerika bagi pesawatnya tersebut.

Spesifikasi :
Peran : Pesawat penyerang - pembom
Produsen : Dassault Aviation
Pengguna utama : Angkatan Udara Prancis
Dikembangkan dari : Dassault Mirage III
Pesawat yang serupa : IAI Nesher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar