Selasa, 17 Mei 2011

M6 37mm Gun Motor Carriage

M6 37mm Gun Motor Carriage

Pada masa awal keterlibatan AS dalam Perang Dunia II, doktrin militer mereka menyebutkan bahwa untuk melawan pasukan tank musuh adalah tugas tank destroyer. Untuk itu, maka mereka membuat beberapa kendaraan tempur yang dikhususkan sebagai tank destroyer. Salah satunya adalah M6 yang merupakan tank destroyer ringan.

M6 pada dasarnya merupakan truk Dodge WC-55 yang dimodifikasi menjadi tank destroyer dengan pemasangan meriam anti tank M3 kaliber 37mm yang pada saat itu merupakan meriam anti tank standar pasukan AS. Kendaraan tempur dengan empat orang awak ini digunakan oleh pasukan AS dalam operasi militer di Tunisia pada akhir tahun 1942 sampai awal tahun 1943. Tank destroyer ringan ini juga digunakan di front Pasifik sampai awal tahun 1944.

M6 tidak disukai pasukan AS dan dianggap sudah tidak sesuai lagi dalam pertempuran modern. Tidak memiliki lapisan baja yang memadai dan meriam 37mm yang tidak mampu menghadapi tank-tank Jerman menjadi kelemahan utama kendaraan tempur ini. M6 pun kemudian ditarik dari garis depan dan dimodifikasi kembali menjadi truk angkut. Sementara itu meriam kaliber 37mm dari M6 kemudian banyak yang dipasang pada half track, dan beberapa unit M6 juga kemudian diberikan kepada pasukan FFI Perancis di tahun 1944.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar