Jumat, 05 November 2010

F-16 I Soufa

F-16 VERSI ISRAEL.

Pesawat tempur jenis F-16 versi Israel dikenal sebagai F-16I SOUFA (Storm). F-16i Soufa merupakan versi Fighter sekaligus Ground Attack, merupakan modifikasi pada mesin dan persenjataan dari versi F-16D Block 50 dan Block 52, sesuai dengan kebutuhan operasional pihak Israel. F-16i dibuat dalam konfigurasi bertempat duduk tandem saja. Ditargetkan bahwa AU Israel akan memiliki sekitar 362 unit F-16 yang sebagian besar masih merupakan versi Amerika Serikat.

F-16i Soufa pertama kali melakukan penerbangan perdana pada bulan Desmber 2003, Dua unit F-16i pertama diserahkan kepada AU Israel pada bulan Pebruari 2004 di pangkalan udara Ramon. Penyerahan pesanan AU Israel dijadwalkan dalam waktu empat tahun dengan rata-rata dua unit perbulannya, dan berakhir pada tahun 2008.

Produksi avionic dan airframe dilakukan di Israel baik untuk Soufa maupun varian F-16 lainnya. Untuk ventral fin, rudder, horizontal stabilizer dan engine access door dibuat secara bersama antara IAI (Israel Aircraft Industries) dengan Cyclon Aviation Products Ltd. Unit pesawat sendiri dirakit di fasilitas Lockheed Martin Aeronautics di Fort Worth, Texas.

Selain rancangan cockpit system baru, awak pesawat Soufa dilengkapi dengan helmet khusus Dash IV buatan Elbit. HUD dengan system wide angle dipasok oleh Elop, sementara layar saji multi-fungsi dipasok oleh Astronautics C.A. Petah Tikva, Israel. Tampilan baru lainnya seperti layar saji peta bergerak, peangkat perekam video, system lampu cockpit dan data transmitter set juga di pasok dari pihak industri Israel.

Perangkat komunikasi yang dipasang pada F-16i antara lain; radio UHF/VHF dan radio HF dari Rafael. Alat komunikasi satelit dipasok oleh Elta, dan integrated video data link dipasok oleh IAI. Perangkat navigasi termasuk kombinasi laser gyro inertial navigation system dan global positioning system (RLGINS/GPS), dan digital terrain system yang unit algorithms-nya dikembangkan oleh Rafael. Selain itu system computer utama F-16i dikembangkan dan dipasok oleh pihak Elbit. Sementara system akuisisi data dengan digital data server serta perekam data mutakhir dikembangkan bersama antara RADA Electronic Industries di Netaya, Israel dengan Smiths Aerospace dari Amerika Serikat.

Persenjataan. Rak persenjataan yang akan melengkapi F-16i dikembangkan oleh pihak IMI (Israel Military Industries), termasuk untuk tanki bahan baker eksternal. Rafael juga memasok System FLIR dan pod untuk navigasi dan targeting model Litening II, termasuk televisi CCD (charge-coupled device), laser spot tracker and rangefinder serta infrared marker. Dengan perlengkapan tersebut pilot akan mampu mendeteksi, mengidentifikasi dan menjejaki target di darat untuk melakukan penembakan senjata kendali konvensional seperti bom dengan penuntun laser atau berpenuntun GPS. F-16i juga dilengkapi perangkat navigasi untuk malam hari dan segala cuaca LANTRIN dari Lockheed Martin yang dapat membantu pesawat secara otomatis dalam melakukan penerbangan mengikuti kontur permukaan bumi.

Misil udara-ke-udara jarak pendek pada F-16i adalah dari jenis Python 4 dan Python 5, serta misil berpemandu radar Derby (beyond visual range) yang dipasok oleh Rafael. Sedangkan untuk misil udara-ke-permukaan dipasok oleh IMI. Termasuk senjata anti- radiasi STAR-1 yang masih dalam pengembangan.

Perangkat peperangan elektronik F-16i kebanyakan dikembangkan oleh pihak Elisra, termasik RWR (Radar Warning Receiver), missile approach warners and jamming systems, termasuk juga Elisra SPS 3000 alat pelindung jamming. Sementara dispenser chaff dan flare dipasok oleh Rokar. F-16i dilengkapi dengan multi-mode radar AN/APG-68(V)9 dari Northrop Grumman.

F-16i menggunakan mesin pendorong utama jenis F100-PW-229 dari Pratt and Whitney yang mampu menerbangkan pesawat dengan berat tinggal landas 23.582 kg, dan daya dorong 129,4 kN (29.000 lbs).

Spesifikasi:

Bentang sayap utama : 9,45 meter

Panjang keseluruhan : 15,03 meter

Tinggi : 5,09 meter

Berat kosong : 8.809 kg

Berat maksimum untuk tinggal landas : 23.582 kg

Daya maneuver (g-limit): +9g

Kecepatan : + Mach 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar