Jumat, 26 November 2010

Westland Lynx

Westland Lynx

Westland Lynx merupakan nama helikopter Britania Raya yang dirancang oleh Westland Aircraft (sekarang bernama AgustaWestland) dan diproduksi di pabrik Westland di Yeovil, penerbangan perdananya pada 21 Maret 1971 dengan nama Westland WG.13. Pada awalnya Westland Lynx dirancang untuk membantu kepentingan umum dan angkatan laut, ketertarikan militer mendorong pengembangan varian angkatan laut lainnya dan pengembangan untuk pemakaian di medan pertempuran, yang mulai dioperasikan pada tahun 1977 dan digunakan oleh angkatan bersenjata di lebih dari dua belas negara. Helikopter ini kini dibuat dan dipasarkan oleh AgustaWestland.
Pembuatan

Sebagai bagian dari perjanjian helikopter antara Inggris dan Perancis yang ditandatangani pada Februari 1967, perusahaan Perancis AĆ©rospatiale diberikan bagian kerja dalam proyek pembuatan.

Dengan pilot Roy Moxam pada 1972, Westland Lynx mencapai rekor 15 dan 25 km dengan kecepatan 321,74 km/jam. Setelah itu Westland Lynx juga memecah rekor lintasan tertutup menempuh 100 km dengan kecepatan 318,504 km/jam. Pada 1986, sebuah Lynx dengan rotor ekor BERP (British Experimental Rotor Programme), terdaftar sebagai G-LYNX dan dengan pilot John Egginton mencetak rekor kecepatan mutlak bagi helikopter pada lintasan 15 dan 25 km dengan kecepatan sampai dengan 400,87 km/jam. . Lynx merupakan helikopter lincah dan mampu membuat gerakan berputar (loops and rolls).

Tentara Britania Raya memesan 100 Lynx AH (Army Helicopter) Mk.1 untuk berbagai keperluan, termasuk pengangkutan taktik, pengiring angkatan bersenjata, pertempuran anti-kendaraan baja (dengan delapan BGM-71 TOW), pengintaian dan evakuasi. Angkatan bersenjata Britania Raya telah melengkapi sistem Marconi Elliot AFCS pada Lynx untuk penstabilan otomatis pada tiga poros.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar