Minggu, 07 November 2010

Tonnerre (L9014)

Tonnerre (L9014)


Builder: Arsenal de Brest, Chantiers de Saint-Nazaire
Laid down: 26 August 2003 (aft part in Brest); 5 May 2004 (bow part in Saint-Nazaire)
Launched: 26 July 2005
Commissioned: December 2006
Homeport: Toulon
Fate: In service

Tonnerre (L9014) adalah kapal serang amfibi (kapal induk helikopter) milik Marine Nationale Perancis, kapal keempat yang memakai nama ini dan menjadi kapal kedua di kelasnya (Kelas Mistral).
Dia diluncurkan pada tanggal 26 Juli 2005 dan bergabung aktif dalam Desember 2006.

Kemampuan Medis
Tonnerre mempunyai 69-tempat tidur rumah sakit (yang setingkat dengan fasilitas rumah sakit di kota berpenduduk 40 000), dengan ruang triage, sebuah kamar sock, dua kamar operasi, kamar untuk perawatan luka bakar, sebuah kamar telesurgery, dan peralatan radiology, termasuk scanner.

Dalam waktu normal, kapal memiliki seorang dokter, dua perawat, dan 19 tempat tidur medicalised. Hangar helikopter dapat dikonversi menjadi rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan medis. Jika diperlukan, elemen modular dapat ditambahkan untuk menyediakan empat kamar bedah dan yang menampung 100-orang tim medis, termasuk 12 Dokter Ahli Bedah.


Konstruksi

Tonnerre dikonstruksi dalam dua segmen, bagian busur di Saint-Nazaire, dan bagian belakangnya di Brest. Kapal ini menggunakan sistem propulsi yang sepenuhnya memakai tenaga listrik, dengan dua pod di bagian belakang dan satu pod manuver pada busur; ini memungkinkan kapal untuk berputar dengan radius 289 meter. Kapal tetap hampir horisontal ketika berbelok, dan bahkan dapat bermanuver secara efektif pada kecepatan rendah, yang memudahkan operasi helikopter. Dibangun sesuai dengan standar sipil, Tonnerre sesuai dengan persyaratan antipolusi MARPOL.

Ruang bagi penumpang dan awak kapal luar biasa besar, karena Tonnerre dirancang untuk beroperasi dalam waktu tiga bulan berturut-turut di laut, sesuai dengan doktrin "pangkalan bergerak". Kapal mempunyai ruang olah raga serba guna dan ruang umum luas. Awak kapal tinggal di kabin 4-orang yang dilengkapi dengan peralatan saniter, yang memungkinkan kapal untuk mengakomodasi awak campuran.

Peralatan Militer

Tonnerre dilengkapi dengan Sistem Deteksi Tempur terhubung ke sistem SENIT 9 yang memungkinkan penyebaran informasi terpadu antara unit dari suatu armada. Sistem komunikasi dan peralatan lainnya memungkinkan Tonnerre untuk menjadi tempat 200 orang staf umum.

Kapal ini mampu mengoperasikan 16 Helikopter NH90 atau Tigre, atau 35 Aérospatiale Gazelle. Kapal ini mempunyai pod khusus di bagian depan, yang dapat menampung helikopter 30 ton seperti CH-53E Super Stallion; empat kapal pendarat atau dua LCAC; dan 70 kendaraan, termasuk 13-tank Leclerc, sampai dengan 450 prajurit (900 untuk periode yang singkat).

Tonnerre mempunyai misil jarak pendek ringan, dan meriam untuk pertahanan diri terakhir.

General characteristics:

Displacement: 16,500 t (empty); 21,300 t (full load); 32,300 t (with ballast)
Length: 199 m
Beam: 32 m
Draught: 6,3 m
Propulsion: Motorisation : 2 Mermaïd electric motors (2 × 7 MW) 2 5-bladed propellers; Electrical plant: 4 Wärtsilä diesels-alternators 16 V32 (6,2 MW) + 1 Wärtsilä Vasaa auxiliary diesel-alternator 18V200 (3 MW)
Speed: 18.8 knots
Range: 10,800 km at 18 knots; 19,800 km at 15 knots
Capacity: 2 barges, one Leclerc battalion, 70 vehicles
Complement: 20 officers, 80 petty officers, 60 Quarter-masters, 450 passengers (900 for a short cruise), 150 men of an on-board high quarter
Armament: 2 Simbad systems; 2 30-mm Breda-Mauser guns; 4 12.7 mm M2-HB Browning machine guns
Aircraft carried: 16 heavy or 35 light helicopters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar