Jumat, 01 Oktober 2010

Bell ARH-70

Bell ARH-70

Bell ARH-70 adalah helikopter militer ringan dengan rotor berbilah-empat, satu mesin, yang dirancang untuk AD Amerika Serikat program Armed Reconnaissance Helicopter (ARH). Dengan dua-awak dan dioptimalkan untuk peperangan urban, ARH-70 diharapkan untuk menggantikan OH-58D Kiowa Warrior milik AD yang menua. Keterlambatan yang berlebihan dalam pengembangan dan penambahan biaya program, memaksa pembatalan pada 16 Oktober 2008, ketika Departemen Pertahanan gagal untuk mensertifikasi keaslian program untuk kongres. ARH-70 telah disebutkan untuk dibuat dengan off-the-shelf technology; airframe-nya berdasarkan Bell 407 yang berhasil secara komersial. Press release AD dan laporan media lainnya kadang-kadang memberi nama ARH-70 dengan “Arapaho”, tetapi AD tidak pernah mengumumkan ini sebagai nama resmi popular-nya.


Pengembangan
Pada tanggal 23 Februari 2004, AD mengumumkan pembatalan program helikopter RAH-66 Comanche. Program ini telah menghabiskan biaya US $ 6,9 miliar dan 20 tahun pengembangan tanpa menghasilkan helikopter produksi. Pembatalan merupakan hasil dari studi enam bulan AD yang diketuai oleh Army Chief of Staff General Peter Schoomaker. Studi ini merekomendasikan pembatalan program sebelum Comanche mencapai produksi, dapat menyelamatkan US $ 14 miliar AD yang kemudian dapat digunakan untuk memperbarui dan mengganti armada pesawat yang semakin menua saat ini.

OH-58D Kiowa Warrior dijadikan bahan studi untuk airframe baru pengganti armada yang masih beroperasi tapi menua. AD mengembangkan sebuah helikopter intai bersenjata yang akan menggunakan teknologi commercial off-the-shelf (COTS), dengan tujuan operasional 30 unit helikopter dan delapan helikopter latih akan siap pada bulan September 2008. Pada tanggal 9 Desember 2004, pejabat Army mengeluarkan permintaan untuk proposal (RFP) untuk ARH. Dua perusahaan diberikan tawaran:

• Boeing mengusulkan versi upgrade dari MH-6 Little Bird, MH-6M Mission Enhanced Little Bird (MELB). Karena pesawat itu sudah beroperasi dengan 160th Special Operations Aviation Regiment, pesawat ini menjadi favorit walaupun diragukan bahwa MD Helicopters Inc. (MDHI) dapat menjalankan produksi sesuai dengan kontrak. Untuk mengurangi kekhawatiran ini, Boeing membeli hak produksi untuk desainnya dan menjadi kontraktor utama.

• Bell Helicopter Textron mengusulkan update dari konsep OH-58D dalam versi militer dari Bell 407, menggunakan mesin turboshaft Honeywell HTS900 yang lebih kuat dan perakitan ekor seperti Bell 427. Hal ini akan memungkinkan AD untuk menggunakan rantai suplay OH-58, sebuah pertimbangan utama.

Pada tanggal 29 Juli 2005, Bell memenangkan kontrak untuk 368 helikopter, dengan produksi pertama akan dikirimkan pada pertengahan 2007, dan dioperasikan pada akhir 2008. Penerbangan pertama purwarupa ARH-70 terjadi pada tanggal 20 Juli 2006, di fasilitas XworX milik Bell di Arlington, Texas. Pada tanggal 21 Februari 2007, saat penerbangan pertamanya, purwarupa #4 mengalami kehilangan daya mesin, karena keborosan bahan bakar, dan membuat pendaratan autorotational di lapangan golf terdekat. Helikopter purwarupa ini rusak akibat terguling, namun pilot tes selamat tanpa cedera.

Pada tanggal 22 Maret 2007, AD AS mengeluarkan pemberitahuan “Stop Work”, Bell diberi tiga puluh hari untuk dapat membuat rencana agar program dapat dilanjutkan kembali. Perkiraan sebelumnya untuk porsi Pengembangan Sistem Demonstrasi, biaya yang dibutuhkan meningkat dari $210 juta menjadi lebih dari $300 juta. Textron, perusahaan induk Bell, memberitahu investor bahwa mereka dapat kehilangan $2-4 juta pada setiap helikopter yang diproduksi di bawah kontrak. Pada tanggal 18 Mei 2007, AS AD menyetujui dilanjutkannya program ARH ini.

Pada tanggal 25 Juli 2007, panel House Appropriations Committee’s Defense mengumumkan anggaran Pentagon 2008 dengan membuang pendanaan untuk produksi ARH-70, tapi ada untuk penelitian dan pengembangan.

Pada Januari 2008, pejabat pemerintah Amerika Serikat mulai membuat kebijakan ekspor untuk mengijinkan penjualan ARH-70 internasional. Mereka berharap untuk mendapat total pesanan lebih dari 1.000 termasuk pesanan AD AS sebanyak 512.

Pada tanggal 9 Juli 2008, AD AS memperkiraan pembengkakan biaya hingga 40% dari perkiraan awal (sesuai review Nunn-McCurdy). Pada bulan Agustus 2008, AD meminta Bell agar menghentikan perekrutan pekerja untuk program ARH-70, sambil menunggu hasil review Nunn-McCurdy.
Pembatalan Program

Pada tanggal 16 Oktober 2008, Acquisition Executive Office AD untuk aviasi, mengumumkan bahwa kontrak akan dihentikan sepenuhnya untuk kemudahan pemerintah. Pembatalan ini merupakan hasil dari Departemen Pertahanan (DOD) AS tidak dapat mensertifikasi dana sebesar US $6,2 miliar untuk program ARH-70 kepada kongres. John Young, Undersecretary of Defense for Acquisition, Technology and Logistics, memberikan alas an pembatalan karena pembengkakan biaya sebesar 70% dengan perkiraan biaya per unit sebesar US $14,5 juta, meningkat dari US $8,5 juta.

Specifications (ARH-70)

General characteristics
•Crew: 2 pilots
•Capacity: six passengers
•Length: 34 ft 8 in (10.57 m)
•Rotor diameter: 35 ft 0 in 35 (10.67 m)
•Height: 11 ft 8 in (3.56 m)
•Disc area: 962 ft² (89 m²)
•Empty weight: 2,598 lb (1,178 kg)
•Loaded weight: 5,000 lb (2,268 kg)
•Useful load: 1,868 lb (847 kg)
•Max takeoff weight: 5,000 lb (2,268 kg)
•Powerplant: 1× Honeywell HTS900-2 turboshaft, 970 shp (723 kW)

Performance
•Maximum speed: 140 kts (161 mph, 259 km/h)
•Cruise speed: 113 kts (130 mph, 209 km/h)
•Range: >162 nmi (186 miles, 300 km)
•Service ceiling: 20,000 ft (6,096 m)

Armament
•Guns: 1× GAU-19 .50 in Gatling gun
•Rockets: Hydra 70 2.75 in (70 mm) rockets

1 komentar: