Sabtu, 04 Desember 2010

KRPAN (ARMORED PERSONNEL CARRIER)

KRPAN (ARMORED PERSONNEL CARRIER) REPUBLIK SLOVENIA

Krpan adalah Kendaraan pengangkut personel lapis baja, yang mewakili generasi baru kendaraan lapis baja modern. Krpan adalah lisensi-produksi versi Steyr-Daimler-Puch Pandur II, dibangun di Slovenia, namun memiliki sejumlah perbaikan. Pembuatan Krpan menggunakan 55% komponen lokal dan subsistem. APC ini diusulkan untuk Angkatan Darat Slovenia sebagai pengganti kendaraan pengangkut personel lapis baja terdahulu.

Krpan dilengkapi dengan senjata yang dapat di kendalikan dari jarak jauh, Selain itu Krpan mengusung senapan mesin caliber 12,7-mm dan tak ketingggalan Rudal Rafael Spike anti tank yang dimana rudal anti-tank adalah salah satu senjata wajib bagi tank angkut personel. Desain modular kendaraan Krpan memungkinkan pemasangan sistem senjata yang berbeda, termasuk meriam 105-mm dan meriam 120-mm.

Selain persenjataan yang tidak kalah garang dari sekelasnya, Krpan juga memberikan perlindungan yang tidak kalah garang yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap proyektil peluru ataupun tembakan meriam arteleri termasuk tembakan atau serpihan dari proyektil kal 14,5 mm. Selain itu yang paling unik dari Krpan adalah memiliki lambung ganda yang di mana akan lebih memberikan perlindungan yang mampuni bagi personel di dalam bukan itu saja Semua komponen drive train dilindungi sepenuhnya di dalam lambung. Bayangkan saja Kendaraan ini dapat menahan ledakan 8 kg ranjau anti-tank di bawah setiap roda. Pemadam kebakaran otomatis dan sistem perlindungan NBC dipasang sebagai standar keamanan.

Krpan lebih ringan daripada varian jenis Pandur II (jerman) dengan sokongan mesin diesel Cummins berdaya 450 hp, Krpan mampu melesat dengan kecepatan maksimal 105 km/jam, Perlu di ketahui kendaraan ini memiliki hingga 40% dari komponen yang sama dengan Valuk APC hanya Pengembangan penekanannya adalah pada pemeliharaan sederhana. Drive komponen pengangkut personel lapis baja ini tersedia secara komersial. Power Pack dapat dipindahkan sesuai dengan kondisi lapangan dalam 20 menit. Dibutuhkan waktu yang sama untuk kembali dalam bentuk semula. Kendaraan yang dilengkapi dengan run-flat ban ban dan pusat sistem inflasi. Penangguhan dan ban dari Krpan secara otomatis menyesuaikan diri dengan jenis dataran. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan self-recovery winch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar