Sabtu, 23 Oktober 2010

Kamov Ka-50 Black Shark

Helikopter Kamov Ka-50 Black Shark (Hokum A-NATO)

Kamov Ka-50 Black Shark (Hokum A – NATO) adalah nama helikopter serbu buatan Russia yang di desain oleh Kamov design bureau. Desain awalnya pertama muncul tahun 1980 yang kemudian resmi digunakan oleh Russia tahun 1995. Ka-50 pada saat itu bersaing dengan Mi-28 ‘Havoc’ untuk memenangkan kompetisi pengadaan attack helicopter Soviet. Kamov merancang Ka-50 dengan satu awak, pengurangan ini membuat Kamov bisa menambahkan lebih banyak armor, persenjataan dan sensor-sensor.

Tiga prototype V-80 terbang pertama kali 17 Juni 1982. Tahun 1986 kemudian masuk ke produksi massal. Ka-50 sendiri kemudian dipilih sebagai pendukung unit-unit special forces di Russia sedangkan rivalnya Mi-28 digunakan sebagai attack helicopter utama.

Ka-50 memakai sistem baling-baling yang unik yakni contra-rotating co-axial rotor system, dua buah baling-baling di satu poros yang saling berputar berlawanan arah, sehingga tidak memerlukan lagi baling2 baling ekor dan meningkatkan manuvernya. Ka-50 juga dilengkapi dengan kursi lontar layaknya pesawat-pesawat Fighter, NPP Zvezda K-37-800 ejection seat dipilih sebagai kursi lontar untuk Ka-50, sistemnya saat darurat baling-baling akan terlepas terlebih dahulu sehingga memungkinkan kursi lontar bekerja. Penerapan kursi lontar di attack helicopter terbilang langka bahkan untuk saat ini

Pada akhir 1990, Kamov dan Israeli Air Industries bekerjasama dalam mengembangkan versi kursi tademnya Kamov Ka-50-2 Erdogan, untuk memenangkan kompetisi di pengadaan attack helicopter sebanyak 145 unit (yang kemudian dikurangi menjadi 50 unit) di Turki. Erdogan, Eurocopter Tiger, AH-64 Apache dan A129 Mangusta kalah bersaing, pemerintah Turki memilih improved version AH-1 SuperCobra. Kamov sendiri juga mengembangkan versi dua kursi miliknya sendiri yakni Ka-52 Alligator (Hokum B – NATO)

Ka-50 dapat membawa persenjataan sampai dengan 2.300kg. Persenjataan tetapnya adalah satu kanon 2A42 30mm. Sementara di bagian sayapnya bisa dipasangi dua belas missile anti-tank AT-16 ‘Vikhr M’ ataupun kombinasi unguided rocket, AT-9 Spiral dan bahan bakar cadangan.

Spesifikasi:

Helikopter

Main rotor diameter 14.5 metres
Length with rotating rotors 15.9 metres
Overall height 4.9 metres
Wing span 7.3 metres
Weights
Empty weight 7,692 kg
Normal take off weight 9,800 kg
Maximum take off weight 10,800 kg
Weight of consumable combat load 610 kg
Weight of maximum combat load 1,811 kg
Engines
Two TV3-117VMA engines 2 x 2,200 h.p
Landing gear Retractable tricycle nosewheel type landing gear
Performance
Maximum level flight speed 310 km/h
Diving speed 390 km/h
Cruise speed 270 km/h
Hovering ceiling 4,000 metres
Service ceiling 5,500 metres
Vertical rate of climb at 2,500 m 10 m/s;
Range of flight with normal take-off 460 km
Weight
Ferry range 1,160 km

Persenjataan:

Armament: 1x 2A42 30-mm cannon [250 HE-Frag + 250 AP]
2 – AT-16 VIKhR ATGM (6 each)
2 – 80-mm rockets (20 each)
2 – Twin 23-mm gun pods [940 rounds]
4 – 500-kg bombs
2 – AA-11/ARCHER AAM
External fuel tanks (500 liters) 30-mm Automatic Cannon, 2A42:
Range: effective 3,000 m
Elevation: -45° to +10°
Traverse: ±15°
Ammo type and rate of fire is selectable by pilot (HE or AP, 350 or 600) Most Probable Armament:
Fuselage-mounted 30-mm cannon on right side
80-mm rockets
AT-16 VIKhR ATGMs [ATGM racks can depress to 12°]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar