Selasa, 12 Oktober 2010

UAV IAI RQ-2 Pioneer

IAI RQ-2 Pioneer

Designation: IAI RQ-2 Pioneer
Classification Type: Reconnaissance, Surveillance, and Targeting Aquisition Unmanned Aerial Vehicle
Contractor: AAI Corporation - USA / Pioneer UAVs, Incorporated / Israel Aircraft Industries (IAI) - Israel
Country of Origin: Israel
Initial Year of Service: 1986
Number Built: 20
Seri UAV RQ-2 Pioneer merupakan salah satu UAV pertama yang beroperasi untuk militer AS. Dalam bentuk awalnya, UAV ini melayani kapal perang dengan spotting artileri, tetapi kemudian dirubah perannya untuk observasi udara pada medan perang. Walaupun tidak secepat dan sekuat UAV generasi baru, Pioneer menjadi dasar pembuatan UAV lain bagi AS.

Desain RQ-2 mempunyai bodi yang mirip dengan pesawat terbang dengan peralatan terpasang di depan dan satu mesin piston gasoline Sachs 2-stroke, 2-cylinder menghasilkan 26 tenaga kuda. Sayapnya terpasang tinggi dan berada di bagian belakang bodi pesawat dengan “twin-boom” memanjang ke arah belakang yang terhubung dengan papan horizontal dan sirip vertikal kembar. Bagian bawah UAV ini dipasang secara statis.

Pioneer dikembangkan berdasarkan perjanjian bersama antara Israel Aircraft Industries (IAI) dan AAI Corporation. UAV ini dirancang untuk melakukan berbagai macam misi suvey dan pengintaian dan dapat diluncurkan melalui ketapel maupun landasan pacu (runway) di daratan dan dengan ketapel maupun roket di lautan. Sedangkan pendaratannya dilakukan dengan kait atau jaring penangkap. Lama penerbangan bervariasi tergantung pada beban yang dibawa, tetapi beberapa jam penerbangan dapat dilakukannya. Kekuatan Pioneer terletak pada kemampuannya untuk mengirimkan informasi real-time melalui video melalui sebuah line-of-sight (LOS) data link.

UAV Pioneer pernah beroperasi Perang Teluk Persia pada 1991, Somalia, Kosovo dan Irakdi bawah kendali Angkatan Bersenjata AS. UAV ini juga diketahui beroperasi untuk Israel dan Singapura.

Specifications: IAI RQ-2 Pioneer

Dimensions:
Length: 13.12ft (4.00m)
Width: 17.06ft (5.20m)
Height: 3.28ft (1.00m)

Performance:
Max Speed: 124mph (200kmh; 108kts)
Max Range: 115miles (185km)
Climb Rate: Not Available
Ceiling: 15,092ft (4,600m; 2.9miles)

Structure:
Crew (Controller): 2
Hardpoints: 0
Empty Weight: 0lbs (0kg)
MTOW: 452lbs (205kg)

Power:
Engine(s): 1 x Sachs 2-stroke, 2-cylinder gasoline piston engine developing 26hp.

1 komentar: