Selasa, 26 Oktober 2010

P 51 Mustang

P 51 Mustang

P-51 Mustang adalah pesawat buru sergap jarak jauh buatan Amerika Serikat. Pesawat ini menjadi raja pada perang dunia ke dua, Mustang menjadi satu-satunya pesawat buru sergap yang mampu mencapai berlin, baik untuk melangsungkan serangan mandiri maupun untuk mengawal pesawat pengebom yang akan menjatuhkan bom di Berlin.

Sejarah

Inggris yang sedang terlibat perang di Eropa membutuhkan sebuah pesawat yang mampu mencapai Jerman dan mengawal pengebom yang setiap saat jatuh di tembak pesawat buru sergap Jerman, maka dibuatlah pesawat oleh North American untuk memenuhi kebutuhan ini, untuk mesinnya dipasang mesin Rolls Royce buatan inggris. Pesawat yang tercipta mempunyai kelemahan pada kelincahan di ketinggian maksimum, maka ditambahkanlah turbo charger pada mesinnya. Hasilnya adalah sebuah pesawat yang handal untuk perang jarak jauh, dan menjadi legenda.

Mustang diproduksi ribuan dan digunakan oleh banyak angkatan udara, termasuk Indonesia. Indonesia menerima Mustang sebagai hibah dari Belanda, ironisnya mustang juga digunakan Indonesia melawan Belanda dan sekutunya dikemudian hari. Karena gambar mulut menganga berwarna merah di ujung pesawat, pesawat ini populer dengan julukan "si cocor merah".

Specification :

Type : Fighter
Manufacturer : North American Aviation
Designed by : Edgar Schmued Raymond, H. Rice, Larry Waite, E. H. Horkey
Maiden flight : 26 October 1940
Introduction : 1942, Retired 1957, U.S. Air National Guard
Primary users : United States Army Air Forces, Royal Air Force,
Number built : 15,875
Unit cost : US$50,985 in 1945

ARMAMENT

Machine Guns 4x .50 cal - 6x .50 cal ( Tergantung Model )
rounds available 1260 - 1880 ( Tergantung Model )
Bombs - lbs. 2 x 500 - 2 x 1000 ( Tergantung Model )
or 5" rockets na - 10 ( Tergantung Model )


Review dari saya :

P-51 Mustang adalah pesawat tempur jarak jauh amerika yang di gunakan dan memulai aksinya pada saat pertengahan perang dunia II...

P-51 menjadi pesawat tempur paling sukses pada saat perang dunia II

P-51 hampir selalu menjalani misi pada saat perang dunia II.. dari menjalankan tugas sebagai pengawal bomber sampai menjadi fighter.. kehadiran P-51 menjamin keamanan armada pembom B17 / B24 pada saat melakukan misi pemboman kedalam pusat jerman..

Dengan kemampuan membawa bahan bakar 2 kali dari yang di bawa oleh spitfire.. P-51 menjelma menjadi sebuah pesawat fighter yang dapat di gunakan untuk mengawal bomber dalam jarak yang jauh..

Selain itu P-51 juga sangat murah dalam ongkos produksinya.. selain sebagai pesawat yang mudah dan cepat dalam pembuatannya.. Mesinnya menggunakan Packard V-1650. mesin piston 12 cylinder yang tangguh dan ekonomis..

Selain itu P-51 juga di lengkapi dengan 50 caliber senapan mesin browning

Setelah perang dunia II banyak mustang di conversikan menjadi pesawat balapan... karena reputasi yang luar biasa.. perancang FORD Motor company menggunakan nama mustang di produksi mobilnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar